Agar Jiwa Raga Bersyukur

kakek dan kemoceng

         Saat itu Zaid kesal, tak hentinya ia ngedumel, marah-marah dalam hati. Bagaimana tidak, hidungnya dibuat merana menahan bau keringat orang di sebelahnya yang seharian terpapar terik matahari. Shalatnya buyar tak ada lagi khusyuk. Semua kesal berdesakan sudah dalam batinnya.

        Sampai tiba salam, menyudahi shalat ia dan seluruh jama’ah di masjid Al-Ikhlas. Masih dalam kesal, Zaid lantas coba mencuri pandang, ingin tahu sosok yang sudah ‘merusak’ kekhusyukan shalatnya itu. Terlihatlah sosok lelaki tua, kulitnya coklat setengah terbakar akibat terlalu sering beradu panas matahari, rambut yang mulai berwarna putih tertutup peci yang lusuh, mungkin jarang dicuci, jemarinya nampak keriput, alamat umur yang tak lagi belia. Lantas saja Zaid kaget bukan main, bagaimana mungkin ia menghardik dalam batinnya kepada orangtua, durhaka betul! Menyesal sudah ia berlaku demikian. “Tapi, bau itu.. ah, sungguh keterlaluan”, batinnya.

Tak lama selepas shalat, dengan sedikit berdzikir, lelaki tua itu bangkit dari tempatnya. Dengan sedikit terburu-buru, ia keluar lewat pintu sebelah kanan masjid. Zaid masih menaruh pandang padanya, benaknya masih saja kesal juga menyesal. Tiba-tiba saja lelaki tua tersebut membungkukkan badannya dekat pintu, ia mengambil beberapa buah kemoceng cokelat dengan satu tangannya, dan sebuah tas agak besar dengan tangan satunya lagi, nampak keluar sedikit kepala kemoceng darinya.

Kaget bukan main Zaid! Ternyata lelaki tua tersebut adalah seorang penjual kemoceng keliling. Bagaimana mungkin, seorang yang tua membawa tas sebesar itu, berkeliling di panasnya kota Jakarta! Kasihan betul bapak itu! Lalu berapa untung yang ia dapat dari menjual kemoceng demi menghidupi anak istri dan mungkin juga cucunya! Berapa orang yang butuh kemoceng setiap harinya?! Batin Zaid terus berkecamuk tak karuan. Ia lantas menunduk malu, penuh sesal, dadanya semakin sesak. Bagaimana mungkin ia tak mau maklum dengan bau dari lelaki tua yang berjuang menyambung hidup dengan cara demikian. Terlebih lagi, lelaki tua itu masih sempat di tengah sibuk dan payahnya berangkat menjawab panggilan Allah. Hati Zaid semakin sesak, matanya berkaca-kaca.
***
sumber gambar: www.socimage.com

@rajimaulah

Aku adalah murid bagi siapa saja yang mau mengajarkanku kebaikan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Silakan share jika bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar