Shalat Gerhana dan Hikmah

shalat gerhana

Saat gerhana, gaya gravitasi bumi sedikit terpengaruh oleh gravitasi bulan dan matahari yg sejajar.

Dri situs www.infoastronomy.org dikatakan:
"Nilai gravitasi di permukaan Bumi adalah 9,8 meter per detik kuadrat, atau 980 gal. Sementara penelitian oleh dua astronom Tiongkok, Xin-She Yang dan Qian-Shen Wang menunjukkan adanya penurunan gravitasi Bumi 6 hingga 7 mikrogal atau 0,000006 hingga 0,0000007 gal saat kontak pertama dan kontak terakhir gerhana Matahari. Namun, selama fase total, gravitasi Bumi kembali normal."

Lalu, dalam ajaran Islam, kita disunnahkan utk shalat gerhana saat terjadi gerhana, dan salah satu yg membedakannya dgn shalat yg lain adalah lamanya waktu pelaksanaan shalat tersebut, ruku' dan sujudnya pun lama.

Dari sini saya meyakini, walaupun tidak ada pembuktian ilmiahnya (atau lebih tepatnya saya yg blm menemukan), ada hikmah dan pengaruh terhadap kesehatan/medis dari shalat gerhana yg lama dengan kondisi tubuh yg dipengaruhi fenomena gerhana. 
-Seperti halnya rahasia dibalik pelarangan laki2 memakai perhiasan emas dan larangan perempuan shalat saat haid dari sudut pandang medis-
Wallahu 'alam.

Jadi, sunnah muakkadah shalat gerhana jangan sampai terlewatkan. Semoga Allah memeberi kita semua taufiq agar mampu mengikuti sunnah baginda Nabi saw, karena seperti itulah seyogyanya kita dalam beribadah, tak perlu menunggu apa rahasia dan hikmah di balik perintah ibadah. Adapun saat kita mengetahui hikmah dan rahasia di balik ibadah tersebut, tentu akan menambah semangat dan keyakinan kita dalam beibadah.

-Raji Luqya Maulah-
sumber foto: www.dakwatuna.com

Unknown

Aku adalah murid bagi siapa saja yang mau mengajarkanku kebaikan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Silakan share jika bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar